AOV
3.0 akan menjadi update terbaru yang hadir di bulan Juli 2019. Update
AOV (Arena of Valor) ini meliputi perubahan grafis Map yang cukup
signifikan, fitur-fitur terbaru, dan juga UI (User Interface) di dalam
Game demi meningkatkan pengalaman bermain menjadi lebih baik.
Terkait update yang akan dihadirkan, pihak pengembang melakukan sesi tanya jawab kepada para Challengers mengenai perkembangan dan juga isu yang mungkin akan hadir setelah AOV 3.0 diluncurkan.
Para pemain juga masih bisa menggunakan tampilan grafis seperti versi sebelumnya (tanpa efek animasi tambahan). Dengan display quality yang sama tidak akan membebankan konsumsi baterai dan juga performa smartphone.
Q: Kenapa permasalahan Ping tinggi masih ada di dalam Game?
A: Untuk menemui permasalahan tersebut, kami memiliki Survey yang sudah diberikan setelah update di bulan Juni 2019. Kalian bisa mengisi Survey tersebut melalui Link: aov.co.id/surveyjuni. Kami membutuhkan beberapa informasi tambahan, di antaranya adalah:
1. OpenID/PlayerID Pemain
2. Merk dan Seri Device yang digunakan
3. OS (Operating System) yang digunakan
4. RAM Device
5. Memory Internal
6. Koneksi yang digunakan (rincikan provider baik itu Paket Data ataupun Wi-Fi)
7. IP Address, dan
8. Detail kejadian tersebut berlangsung (Tanggal serta perkiraan jam)
Jika pemain masih mengalami kendala yang sama, kami bisa menyarankan beberapa hal:
1. Coba ubah koneksi yang digunakan dari 4G ke Wi-Fi dan sebaliknya.2. Pindah lokasi saat bermain menggunakan koneksi 4G (contoh: Sebelumnya bermain di dalam kamar, pindah ke teras rumah).
3. Mengubah provider 4G yang saat ini digunakan.
4. Dengan menggunakan koneksi 4G, masuk ke dalam Game pada waktu-waktu yang berbeda. (contoh: Jika biasanya bermain di sore hari, coba masuk ke dalam game dan bermain di waktu malam).
5. Dengan menggunakan koneksi Wi-Fi, masuk ke dalam Game pada waktu-waktu yang berbeda. (contoh: Jika biasanya bermain di sore hari, coba masuk ke dalam game dan bermain di waktu malam).
Dan apabila kendala atau permasalahan tersebut masih ditemukan, jangan ragu untuk menghubungi Customer Service kami.
Q: Apakah versi AOV 3.0 akan membuat loading Game menjadi lebih lama
A: Setelah melakukan beberapa percobaan, kami melihat adanya peningkatan waktu loading. Tim R&D (Research and Development) kami bekerja dengan sangat keras untuk mengoptimalkan dan memastikan pengalaman bermain setiap Challengers tidak berkurang setelah update AOV 3.0 diluncurkan.
Ketika seorang pemain sudah memiliki Arcana Level 3, maka Arcana Level 1 dan Level 2 menjadi tidak terpakai. Dan seperti yang sudah dikatakan di atas, atribut dari tiap level Arcana berbeda-beda satu sama lainnya.
Dengan penyesuaian atribut pada Arcana Level 1, Level 2, dan Level 3, setiap pemain bisa mempelajari dan mengetahui kegunaan dari 66 Arcana yang ada di dalam Game.
Selain itu, setiap pemain harus mencapai level 30 untuk membuka seluruh slot Arcana pada versi lama. Kami merasa bahwa proses tersebut terbilang lama dan berharap pemain level-level kecil juga bisa bermain dengan maksimal.
Maksud utama dari pergantian sistem Arcana ini adalah untuk menyesuaikan dan menyatukan atribut Arcana Level 1, Level 2, hingga Level 3. Sebagai contoh, atribut Arcana Level 1 akan lebih kecil, dan seiring dengan peningkatan Level atributnya semakin besar. Dengan perubahan tersebut setiap Challengers tentu akan memikirkan matang-matang jenis Arcana yang akan digunakannya. Para pemain hanya perlu mempelajari 10 tipe Arcana di setiap Level-nya.
Q: Apa saja yang membedakan versi lama dengan versi terbaru?
A:
Q: Apakah setelah menggunakan sistem baru, Arcana Page dan Arcana yang saya miliki masih tetap ada?
A: Jangan khawatir. Perubahan dari sistem ini tak akan mengubah Arcana Page dan juga Arcana yang sudah kalian miliki. Kami hanya melakukan penyesuaian pada Arcana Level 1 dan Level 2.
Q: Setelah menggunakan sistem Arcana yang baru, pemain tak bisa membeli Arcana di dalam Shop. Lantas, bagaimana saya bisa mendapatkan Arcana? Apakah sistem ini membuat pemain membeli Arcana lebih mahal dari sebelumnya?
A: Untuk memulainya, kami membuat sistem di mana pemain tak bisa membeli Arcana di dalam Shop lagi, dan menggantinya dengan sistem upgrade menggunakan Gold.
Untuk melakukan Arcana Upgrade, pemain bisa menggunakan Arcana Piece ataupun sejumlah Gold (dengan catatan biaya untuk meng-upgrade satu Arcana Level 3 sebesar 1990 Gold). Itu berarti pengeluaran yang dibutuhkan untuk mendapatkan Arcana Level 3 di sistem baru ini sama seperti sebelumnya.
Setelah menggunakan sistem Arcana terbaru, setiap pemain akan mendapatkan seluruh Arcana Level 1 sebanyak 10 buah secara cuma-cuma. Pemain bisa melakukan upgrade pada Arcana Level 1 atau menggunakan Arcana Level 3 secara langsung jika sudah memilikinya.
Pada perkenalan awalnya, tutorial di dalam Game akan memberikan arahan terkait detail dan UI baru serta rekomendasi Rune untuk dipilih nantinya.
Q: Apakah kehadiran Rune akan mempengaruhi eksistensi Arcana?
A: Tidak, sistem Arcana tidak akan berubah dari segi fungsionalnya di dalam Game. Rune merupakan fitur terbaru untuk memberikan strategi dan pengalaman baru dalam pertempuran.
Q: Saat ini terdapat beberapa Rune yang dirasa terlalu kuat atau terlalu lemah dalam test server. Apakah nantinya akan mendapatkan penyesuaian saat perilisan?
A: Kami sangat memperhatikan dengan seksama dan terus mengumpulkan feedback dari para pemain. Kami yakin ketika Rune dirilis secara resmi, semuanya sudah terencana dengan matang dan pemilih bisa menggunakannya sesuai dengan Playstyle masing-masing.
Selain itu, kami juga akan terus memantau perkembangan Rune System setelah masuk ke dalam Live Server. Kami akan melakukan penyesuaian dan update untuk menjaga keseimbangan di dalam Game.
Q: Akankah Rune System memengaruhi ritme pertarungan di dalam Game?
A: Kami tentu paham dampak yang bisa diberikan Rune System terhadap stabilitas di dalam Game. Untuk itu kami melakukan penyesuain terhadap Item, atribut dan Skill Hero, serta atribut Monster dan juga Minion.
Tujuan utama kami adalah memberikan keberagaman saat bertarung di Horizon Valley tanpa mengubah ritme pertarungan. Akan tetapi kehadiran fitur baru ini memungkinkan pemain bermain lebih agresif di awal Game.
Q: Apakah perubahan grafis di dalam Game juga akan memengaruhi kualitas Map di Game Mode 10v10?
A: HD Quality Display dari AOV 3.0 hanya berlaku pada Game Mode 5v5. Tidak ada perubahan signifikan yang terjadi untuk Game Mode lain.
Q: Ketika menggunakan grafis HD, rumput/Bush akan bergerak ketika Hero masuk ke dalamnya. Selain itu ketika Hero bergerak di atas air, terdapat percikan yang bisa terlihat. Apakah musuh juga melihat animasi tersebut?
A: Musuh tidak dapat melihatnya. Efek tersebut hanya akan terlihat di device pemain. Optimisasi dari grafis tidak akan memberikan keuntungan lebih untuk pihak lawan.
Q: Beberapa tampilan tembok terlihat lebih tebal pada Battlefield 3.0. Apakah ini akan memengaruhi kegunaannya (contoh: jangkauan Flicker)?
A: Update Battlefield 3.0 hanya meng-upgrade tampilan gambar, tidak membuatnya jadi lebih tebal.
Q: Dengan tampilan Logo baru AOV, desain UI di dalam game terlihat lebih datar.
A: Desain UI pada AOV 3.0 ini mengikuti Logo AOV yang lebih fresh dengan pewarnaan dan juga desain yang lebih baru. Di sisi lain, untuk meminimalisir beban visual pada tampilan Lobby, kami membuat UI menjadi lebih simpel dan modern agar setiap fungsi di dalam Game bisa digunakan lebih efektif.
Beberapa tampilan yang kalian lihat saat ini masih belum final dan akan semakin baik seiring berjalannya waktu.
Terkait update yang akan dihadirkan, pihak pengembang melakukan sesi tanya jawab kepada para Challengers mengenai perkembangan dan juga isu yang mungkin akan hadir setelah AOV 3.0 diluncurkan.
Performance Problem
Q:
Battlefield 3.0 memiliki peningkatan grafis yang cukup besar dari segi
Map dan Screen Animation. Apakah hal ini akan memengaruhi smartphone
low-end dan membuatnya tak bisa bermain? Apakah nantinya smartphone yang
digunakan akan menggunakan daya baterai dan performa device lebih
besar?
A:
Saat pengembangan AOV 3.0, kami melakukan tes terhadap seluruh model
smartphone untuk bisa membedakan jenis-jenis smartphone apa saja yang
bisa menjalankan Battlefield 3.0 HD Quality Display dan model apa saja
yang memenuhi standar untuk menjalankan tampilan terbaru. Dengan
kualitas yang lebih baik, tentu kebutuhan daya baterai dan performa
smartphone akan lebih besar dari versi sebelumnya. Akan tetapi kinerja
AOV 3.0 yang kami berikan ini memiliki kualitas lebih baik dari
Game-game lain dengan genre serupa.
Para pemain juga masih bisa menggunakan tampilan grafis seperti versi sebelumnya (tanpa efek animasi tambahan). Dengan display quality yang sama tidak akan membebankan konsumsi baterai dan juga performa smartphone.
Q: Kenapa permasalahan Ping tinggi masih ada di dalam Game?
A: Untuk menemui permasalahan tersebut, kami memiliki Survey yang sudah diberikan setelah update di bulan Juni 2019. Kalian bisa mengisi Survey tersebut melalui Link: aov.co.id/surveyjuni. Kami membutuhkan beberapa informasi tambahan, di antaranya adalah:
1. OpenID/PlayerID Pemain
2. Merk dan Seri Device yang digunakan
3. OS (Operating System) yang digunakan
4. RAM Device
5. Memory Internal
6. Koneksi yang digunakan (rincikan provider baik itu Paket Data ataupun Wi-Fi)
7. IP Address, dan
8. Detail kejadian tersebut berlangsung (Tanggal serta perkiraan jam)
Jika pemain masih mengalami kendala yang sama, kami bisa menyarankan beberapa hal:
1. Coba ubah koneksi yang digunakan dari 4G ke Wi-Fi dan sebaliknya.2. Pindah lokasi saat bermain menggunakan koneksi 4G (contoh: Sebelumnya bermain di dalam kamar, pindah ke teras rumah).
3. Mengubah provider 4G yang saat ini digunakan.
4. Dengan menggunakan koneksi 4G, masuk ke dalam Game pada waktu-waktu yang berbeda. (contoh: Jika biasanya bermain di sore hari, coba masuk ke dalam game dan bermain di waktu malam).
5. Dengan menggunakan koneksi Wi-Fi, masuk ke dalam Game pada waktu-waktu yang berbeda. (contoh: Jika biasanya bermain di sore hari, coba masuk ke dalam game dan bermain di waktu malam).
Dan apabila kendala atau permasalahan tersebut masih ditemukan, jangan ragu untuk menghubungi Customer Service kami.
Q: Apakah versi AOV 3.0 akan membuat loading Game menjadi lebih lama
A: Setelah melakukan beberapa percobaan, kami melihat adanya peningkatan waktu loading. Tim R&D (Research and Development) kami bekerja dengan sangat keras untuk mengoptimalkan dan memastikan pengalaman bermain setiap Challengers tidak berkurang setelah update AOV 3.0 diluncurkan.
Arcana Upgrade
Q: Apakah perubahan sistem Arcana ini diperlukan pada update AOV 3.0?
A:
Pada versi saat ini, Arcana Level 1, Level 2, dan Level 3 memiliki
atribut yang independen dan berbeda-beda. Dari sana kami melihat
permasalahan yang hadir dengan sistem lama.
Ketika seorang pemain sudah memiliki Arcana Level 3, maka Arcana Level 1 dan Level 2 menjadi tidak terpakai. Dan seperti yang sudah dikatakan di atas, atribut dari tiap level Arcana berbeda-beda satu sama lainnya.
Dengan penyesuaian atribut pada Arcana Level 1, Level 2, dan Level 3, setiap pemain bisa mempelajari dan mengetahui kegunaan dari 66 Arcana yang ada di dalam Game.
Selain itu, setiap pemain harus mencapai level 30 untuk membuka seluruh slot Arcana pada versi lama. Kami merasa bahwa proses tersebut terbilang lama dan berharap pemain level-level kecil juga bisa bermain dengan maksimal.
Maksud utama dari pergantian sistem Arcana ini adalah untuk menyesuaikan dan menyatukan atribut Arcana Level 1, Level 2, hingga Level 3. Sebagai contoh, atribut Arcana Level 1 akan lebih kecil, dan seiring dengan peningkatan Level atributnya semakin besar. Dengan perubahan tersebut setiap Challengers tentu akan memikirkan matang-matang jenis Arcana yang akan digunakannya. Para pemain hanya perlu mempelajari 10 tipe Arcana di setiap Level-nya.
Q: Apa saja yang membedakan versi lama dengan versi terbaru?
A:
Q: Apakah setelah menggunakan sistem baru, Arcana Page dan Arcana yang saya miliki masih tetap ada?
A: Jangan khawatir. Perubahan dari sistem ini tak akan mengubah Arcana Page dan juga Arcana yang sudah kalian miliki. Kami hanya melakukan penyesuaian pada Arcana Level 1 dan Level 2.
Q: Setelah menggunakan sistem Arcana yang baru, pemain tak bisa membeli Arcana di dalam Shop. Lantas, bagaimana saya bisa mendapatkan Arcana? Apakah sistem ini membuat pemain membeli Arcana lebih mahal dari sebelumnya?
A: Untuk memulainya, kami membuat sistem di mana pemain tak bisa membeli Arcana di dalam Shop lagi, dan menggantinya dengan sistem upgrade menggunakan Gold.
Untuk melakukan Arcana Upgrade, pemain bisa menggunakan Arcana Piece ataupun sejumlah Gold (dengan catatan biaya untuk meng-upgrade satu Arcana Level 3 sebesar 1990 Gold). Itu berarti pengeluaran yang dibutuhkan untuk mendapatkan Arcana Level 3 di sistem baru ini sama seperti sebelumnya.
Setelah menggunakan sistem Arcana terbaru, setiap pemain akan mendapatkan seluruh Arcana Level 1 sebanyak 10 buah secara cuma-cuma. Pemain bisa melakukan upgrade pada Arcana Level 1 atau menggunakan Arcana Level 3 secara langsung jika sudah memilikinya.
Battlefield Changes
Q: Gameplay apa yang akan berubah saat Battlefield 3.0 hadir?
A:
Dengan update AOV 3.0, kami membawa fitur baru bernama Rune System
dengan harapan pemain bisa mendapatkan pengalaman bermain yang lebih
baik, lebih menarik, dan juga strategi bermain yang lebih beragam.
Q: Apa itu Rune System?
A:
Rune System menjadi fitur terpenting yang akan hadir di AOV 3.0. Fitur
ini akan melengkapi sistem Arcana yang sudah ada di dalam Game. Jika
Arcana memberikan tambahan atribut, maka Rune akan memberikan tambahan
bonus pada Skill. Kami berharap para pemain bisa memahami keseluruhan
elemen di dalam Game sebelum bermain, mulai dari pemahaman Battlefield,
Hero, dan juga setiap jalur dari Rune.
Pada perkenalan awalnya, tutorial di dalam Game akan memberikan arahan terkait detail dan UI baru serta rekomendasi Rune untuk dipilih nantinya.
Q: Apakah kehadiran Rune akan mempengaruhi eksistensi Arcana?
A: Tidak, sistem Arcana tidak akan berubah dari segi fungsionalnya di dalam Game. Rune merupakan fitur terbaru untuk memberikan strategi dan pengalaman baru dalam pertempuran.
Q: Saat ini terdapat beberapa Rune yang dirasa terlalu kuat atau terlalu lemah dalam test server. Apakah nantinya akan mendapatkan penyesuaian saat perilisan?
A: Kami sangat memperhatikan dengan seksama dan terus mengumpulkan feedback dari para pemain. Kami yakin ketika Rune dirilis secara resmi, semuanya sudah terencana dengan matang dan pemilih bisa menggunakannya sesuai dengan Playstyle masing-masing.
Selain itu, kami juga akan terus memantau perkembangan Rune System setelah masuk ke dalam Live Server. Kami akan melakukan penyesuaian dan update untuk menjaga keseimbangan di dalam Game.
Q: Akankah Rune System memengaruhi ritme pertarungan di dalam Game?
A: Kami tentu paham dampak yang bisa diberikan Rune System terhadap stabilitas di dalam Game. Untuk itu kami melakukan penyesuain terhadap Item, atribut dan Skill Hero, serta atribut Monster dan juga Minion.
Tujuan utama kami adalah memberikan keberagaman saat bertarung di Horizon Valley tanpa mengubah ritme pertarungan. Akan tetapi kehadiran fitur baru ini memungkinkan pemain bermain lebih agresif di awal Game.
Graphics Update
Q: Apakah perubahan grafis di dalam Game juga akan memengaruhi kualitas Map di Game Mode 10v10?
A: HD Quality Display dari AOV 3.0 hanya berlaku pada Game Mode 5v5. Tidak ada perubahan signifikan yang terjadi untuk Game Mode lain.
Q: Ketika menggunakan grafis HD, rumput/Bush akan bergerak ketika Hero masuk ke dalamnya. Selain itu ketika Hero bergerak di atas air, terdapat percikan yang bisa terlihat. Apakah musuh juga melihat animasi tersebut?
A: Musuh tidak dapat melihatnya. Efek tersebut hanya akan terlihat di device pemain. Optimisasi dari grafis tidak akan memberikan keuntungan lebih untuk pihak lawan.
Q: Beberapa tampilan tembok terlihat lebih tebal pada Battlefield 3.0. Apakah ini akan memengaruhi kegunaannya (contoh: jangkauan Flicker)?
A: Update Battlefield 3.0 hanya meng-upgrade tampilan gambar, tidak membuatnya jadi lebih tebal.
New Interface
Q: Dengan tampilan Logo baru AOV, desain UI di dalam game terlihat lebih datar.
A: Desain UI pada AOV 3.0 ini mengikuti Logo AOV yang lebih fresh dengan pewarnaan dan juga desain yang lebih baru. Di sisi lain, untuk meminimalisir beban visual pada tampilan Lobby, kami membuat UI menjadi lebih simpel dan modern agar setiap fungsi di dalam Game bisa digunakan lebih efektif.
Beberapa tampilan yang kalian lihat saat ini masih belum final dan akan semakin baik seiring berjalannya waktu.
0 Comments